Friday, August 10, 2007

Are YOU Ready to DIE?

Kematian adalah suatu hal yang pasti. Yang kita tidak tahu hanyalah kapan, di mana, dan dalam kondisi apa kita mati. Dan saya yakin, semua orang dalam suatu situasi normal tidak akan pernah memikirkan hal ini. Kita akan berfikir bahwa semua akan baik-baik saja, tanpa sadar bahwa bayang-bayang kematian selalu hadir dalam setiap desah nafas.

Sang Malaikat Maut mungkin ada disini, saat ini, saat kita sedang membaca tulisan ini. Who knows? Bagaimanapun kita tidak bisa memilih kapan dan di mana kita mati, tapi kita masih punya kesempatan untuk memilih 'saat sedang apa' kita mati. Apakah saat sedang sholat, ngaji, atau saat di tempat maksiat? Kita masih bisa mempersiapkan kondisi terbaik untuk kematian kita.

Beberapa orang, termasuk saya, pernah 'hidup kembali' dari suatu kondisi di mana seharusnya kita mati. Mungkin saat kecelakaan, atau sembuh dari sakit. Setiap kali mengalami hal itu, kita mungkin bersyukur bisa lolos dari kematian, karena kita memang belum siap. Untuk sesaat kita merenung, bertekad untuk memperbaiki diri. Tidak berapa lama, kita kembali pada kehidupan yang mungkin belum bisa dikatakan baik.

Ada satu hal yang selalu saya pikirkan saat saya selamat dari kecelakaan, bahwa "Masih banyak hal yang harus saya lakukan dalam hidup, dan Allah, masih memberi saya kesempatan untuk menunaikannya".

Ok. Maybe it's not the first time you read this stuff, but I hope, you can live your life better. So, are YOU ready to DIE?

No comments: